5 Kuliner Khas Bukittinggi Sumatera Barat

Bukittinggi merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Barat yang terkenal dengan kota berhawa sejuk. Banyak wisatatawan domestik maupun international sering berkunjung ke kota ini. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, Bukittinggi juga menawarkan berbagai macam kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Berikut 5 Kuliner Khas Bukittinggi yang bisa sobat nikmati.

1. Soto Padang


Bagi pecinta hidangan ranah Minang, Soto Padang merupakan salah satu menu khas kota Jam Gadang yang cukup banyak penggemar. Dengan perpaduan segar antara potongan daging dan kentang ditambah dengan bihun dan kerupuk, semakin menambah kenikmatan dari makanan ini. Soto khas Sumatera Barat ini memiliki citarasa segar, Akan lebih nikmat jika sobat menyantapnya dengan sambal pedas.

2. Sate Daging atau Jeroan


Sate Daging Jeroan atau yang lebih dikenal dengan Sate Padang, memiliki ciri khas kuah dengan aroma cengkeh yang sangat kental. Selain itu, potongan daging dari sate ini cukup besar dan bumbu sate yang lebih berasa. Bagi sobat yang menyukai jeroan, sobat bisa mengganti dengan sate lidah atau jantung sebagai pengganti daging sapi.

3. Es Tebak


Es Tebak ini mirip dengan es campur. Bahan-bahannya terdiri dari agar-agar, tepung beras, tepung sagu, cincau hitam, kolang kaling dicampur dengan susu dan es serut.

4. Teh Telur Pinang dan Sekoteng Pinang


Buah pinang terkenal akan manfaatnya mengobati berbagai penyakit. Di Bukittinggi, buah pinang diolah menjadi sebuah minuman. Teh Talua Pinang atau Teh Telur Pinang adalah perpaduan antara telur ayam atau telur itik mentah, teh bubuk dan susu kental manis. Rasanya unik campuran manis dari susu dan pahit dari buah pinang.

5. Rendang


Menduduki peringkat pertama dari 50 makanan terlezat di dunia menurut situs milik CNN, rendang adalah menu daging sapi khas Sumatera Barat yang rasanya sangat unik dengan berbagai campuran rempah serta santan dan cabai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kuliner Khas Bukittinggi Sumatera Barat"

Post a Comment