Sekilas Tentang Indonesia

Peta Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa. Karena letaknya tersebut, Indonesia memiliki iklim yang tropis. Salah satu Negara di kawasan Asia Tenggara ini, berada diantara  benua Asia dan Australia. Serta diapit antara samudra pasifik dan samudera hindia.

Kepulauan dan penduduk di Indonesia

Indonesia memiliki pulau sebanyak 17.508, di mana 6.489 diantaranya telah memiliki nama, termasuk 374 nama pulau di sungai. Dengan jumlah populasi lebih dari 250 juta jiwa, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar nomor empat di dunia.

Luas Wilayah Indonesia

Membentang sejauh 3.977 mil antara Samudra Hindia dan Pasifik, negara Indonesia memiliki wilayah daratan seluas 1.922.570 km persegi dan luas perairan 3.257.483 km persegi. Hal tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara terluas ke-7 di dunia setelah 6 negara lainnya, yaitu Rusia, Kanada, Amerika Serikat, China, Brasil dan Australia.

Suku di Indonesia

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Republik Indonesia memiliki jumlah suku 1.128 suku bangsa. Namun jumlah tersebut masih saja kurang dari jumlah yang sebenarnya, hal ini dikarenakan luas wilayah Indonesia yang begitu luas dan terdapat beberapa wilayah pedalaman yang masih sulit dijangkau.

Jumlah suku terbesar di Indonesia diantaranya Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Melayu, Suku Bugis Makassar, dan Suku Batak.

Agama di Indonesia

Mayoritas penduduk di Indonesia memeluk agama Islam. Dengan persentase ( Islam 87.2%, Kristen 6.9%,  Katolik 2.9%,  Hindu 1.7%, Budha 0.7%, Konghucu 0.05%). Kendati mayoritas penduduk beragama Islam, negara ini bukanlah negara Islam yang berdasarkan pada hukum-hukum Islam. Justru, Indonesia adalah sebuah negara sekuler demokratik tetapi dengan pengaruh Islam yang kuat di masyarakatnya.

Konstitusi di Indonesia menjamin kebebasan beragama kepada semua orang, menurut agama dan keyakinannya masing-masing.  Konstitusi ini juga menetapkan bahwa negara Indonesia harus didasarkan pada keyakinan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa (kondisi tersebut juga merupakan prinsip pertama Pancasila, yaitu filosofi negara Indonesia).

Budaya

Negara Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnis, setiap kelompok etnis memiliki warisan budaya masing-masing  yang telah ada dari beberapa abad yang lalu. Kehadiran bangsa India, Cina, Eropa dan melayu di masa lalu, sangat berpengaruh pada perkembangan kebudayaan di Indonesia.

Misalya tarian tradisional dari Jawa dan Bali memiliki aspek budaya dan mitologi dari Hindu, wayang  bayangan yang menceritakan kisah-kisah dari mitologi Hindu seperti Ramayana dan Baratayudha. Selain itu beberapa tarian didaerah tertentu memiliki hubungan dengan nilai-nilai Islam. Misalnya tarian Rateb Meuseukat dan Seudati dari Aceh, sastra melayu dan seni kebudayaan lainnya.

Pakaian Adat Tradisional

Dengan keberanekaragaman suku dan budayanya, membuat Indonesia memiliki pakaian adat tradisional yang  kaya dan beraneka macam. Setiap pakaian adat menggambarkan kehidupan dan budaya masing -masing disetiap daerah. Tercatat sekitar 34 Provinsi di Indonesia memiliki pakaian Adat Tradisional.

Musik Tradisional

Keragaman budaya Indonesia telah melahirkan berbagai jenis musik tradisional, seperti gamelan, kulintang, angklung, sasando, talempong, dan lain-lain. Cara instrumen yang dimainkan juga unik, tidak hanya ditiup, dipukuli atau mengambil tetapi juga digoyang  seperti angklung. Setiap provinsi di Indonesia memiliki musik tradisionalnya sendiri.

Kuliner

Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, dan menempati peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum.

Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan, dan tradisi-adat yang terdapat pula pengaruh melalui perdagangan yang berasal seperti dari India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa.

Flora dan Fauna

Indonesia sangat kaya dengan keragaman flora dan fauna. Keanekaragaman hayati Indonesia bahkan termasuk 3 (tiga) besar dunia bersama dengan Brazil di Amerika Selatan dan Zaire di Afrika. Besar dan beragamnya keanekaragaman hayati di Indonesia sangat berkaitan erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah.

Suhu dan curah hujan yang besar membuat tumbuhnya beragam jenis tumbuhan. Hal itu terjadi disebabkan karena tumbuhan memerlukan air serta suhu yang sesuai. Makin banyak air yang tersedia, maka makin banyak pula tumbuhan yang dapat tumbuh dan karena itu makin banyak pula hewan yang dapat hidup di daerah tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas Tentang Indonesia"

Post a Comment