Masjid Raya Baiturrahman, Destinasi Wisata Religi Favorit di Aceh

Masjid Raya Baiturrahman, Destinasi Wisata Religi Favorit di Aceh

Tidak lengkap jika anda berlibur ke Aceh kalau belum berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini menjadi saksi bisu, bagaimana Tsunami menghantam dan menghancurkan bangunan-bangunan yang ada di Aceh. Ketika Tsunami menerjang, masjid ini tetap kokoh berdiri dan dijadikan tempat pengungsian warga yang terkena bencana.

Masjid Raya Baiturrahman merupakan landmark Kota Aceh, sekaligus objek wisata religi favorit pilihan warga. Wisatawan yang berkunjung, dibuat berdecak kagum akan sejarah serta keindahan ukiran dan desain arsitekturnya. Tidak ayal menjadikan Masjid Baiturahman sebagai Masjid terindah di Indonesia.

Sejarah Singkat Masjid Raya Baiturrahman 

Masjid Raya Baiturrahman terletak di jantung kota banda Aceh yang menjadi pusat dari segala kegiatan. Masjid yang terkenal hingga ke Mancanegara ini, dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M.

Pada masa agresi tentara Belanda yang dipimpin oleh Jendral van Swieten terhadap Kesultanan Aceh pada Bulan Shafar 1290 Hijriah/10 April 1873 Masehi. Tentara Belanda membakar habis Masjid Raya Baiturrahman. Hal ini yang menyebabkan rakyat Aceh bertambah marah dan semakin gigih melakukan perlawanan dan mengusir Belanda dari Kesultanan Aceh.

Untuk meredam kemarahan rakyat Aceh, pada pertengahan shafar 1294 H/Maret 1877 M (Empat tahun setelah pembakaran Masjid) Jendral van Swieten membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman yang telah dibakar, sebagai bentuk permintaan maaf atas kemarahan rakyat Aceh.

Wisatawan

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman diharapkan memakai pakaian yang sopan nan baik. Hal yang menarik, yang mungkin anda jumpai melihat turis asing ikut memakai baju koko dan sarung ketika berada didalam masjid, untuk mengabadikan momen.

Para wisatawan dapat mempelajari sejarah Masjid Raya Baiturrahman, menikmati keindahan arsitektur serta mengabadikan momen dengan berfoto di depan Masjid Raya Baiturrahman.

Di depan gerbang masjid, terdapat juga pasar atjeh yang menjual berbagai kebutuhan termasuk pakaian. Pasar ini sangat ramai dikunjungi warga lokal maupun turis asing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masjid Raya Baiturrahman, Destinasi Wisata Religi Favorit di Aceh"

Post a Comment