Keindahan Wisata Sejarah di Candi Prambanan

Keindahan Wisata Sejarah di Candi Prambanan Yogyakarta

Tidak lengkap rasanya berlibur ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Candi Prambanan, yang merupakan objek wisata bersejarah yang telah diakui oleh dunia akan keindahannya.

Candi ini telah dimasukkan oleh UNESCO kedalam Situs Warisan Dunia, sebagai Kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia dan terindah se-Asia Tenggara. Candi Prambanan memiliki arsitektur yang ramping dengan ketinggan 47 meter.

Candi Prambanan merupakan tempat menarik yang dapat anda kunjungi bersama teman dan keluarga. Bangunan ini menawarkan keindahan arsitertur yang indah. Di dinding candi banyak pahatan relief yg mengisahkan cerita pada masa lalu.

Daerah sekitar kompleks candi terlihat tampak asri, bersih dan sejuk. Di tengah candi juga telah dibangun taman dengan bentangan rumput yang luas nan indah.

Dalam sejarahnya Candi Prambanan dibangun oleh wangsa dinasti Sanjaya, pada abad ke-9 masehi. Dengan tujuan menandingi kemegahan Candi Borobudur yang dibuat oleh wangsa dinasti Syailendra sebagai implementasi agama Budha pada saat itu.

Cerita Legenda Bandung Bondowoso dan Loro Jonggrang

Dalam masyarakat Jawa terkenal kisah legenda Bandung Bondowoso dengan Loro Jonggrang, yang telah diceritakan turun-temurun. Alkisah Candi Prambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso atas permintaan Putri Loro Jonggrang sebagai bukti kesungguhan untuk menikahi sang putri.

Namun demikian, permintaan tersebut dilandasi ketidaksukaan sang putri terhadap Bandung Bondowoso. Melihat hal tersebut, sang putri pun memikirkan cara agar Bandung Bondowoso tidak jadi menikahinya.

Singkat cerita, Loro Jonggrang bersedia menikah dengan Bandung Bondowoso dengan satu syarat, bahwa Bandung Bondowoso harus membangun seribu candi dalam satu malam.

Bandung Bondowoso menyanggupi dan berupaya membangun seribu candi dalam semalam, dengan bantuan jin. Malam itu juga, Bandung Bondowoso hampir menyelesaikan seribu candi permintaan Loro Jonggrang.

Loro Jonggrang pun ketakukan melihat permintaannya hampir dipenuhi oleh Bandung Bondowoso. Hingga akhirnya, Loro Jonggrang meminta para dayang untuk membakar tumpukan jerami dan menumbuk padi agar menciptakan suasana menjelang pagi. Melihat hari menjelang pagi, para jin pun berlari ketakutan dan meninggalkan pekerjaannya.

Keesokan harinya Bandung Bondowoso dan Loro Jonggrang menghitung jumlah candi yang telah berhasil dibuat, dan hanya mendapati 999 candi yang telah selesai dibuat. Bandung Bondowoso pun mengetahui kegagalannya dikarenakan kecurangan Loro Jonggrang.

Bandung Bondowoso lalu mengutuk Loro Jonggrang menjadi arca, untuk melengkapi seribu candi yang akan dibangun. Candi Prambanan pun sering disebut juga sebagai Candi Loro Jonggrang.

Lokasi Candi Prambanan

Untuk mengunjungi Candi Prambanan tidaklah sulit, anda dapat menggunakan Bus Trans Jogja yang akan mengantarkan sampai ke Halte Prambanan, setelah tiba, anda dapat berjalan sedikit menuju loket pembayaran.

Waktu yang paling direkomendasikan adalah pada saat sore hari. Selain tidak terkena panas, anda pun bisa menikmati pemandangan sunset yang indah.

Alamat : Jalan Raya Jogja - Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55571, Indonesia
Phone: (0274) 496 401.
Buka : 07.30 - 17.30
(lihat peta)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Wisata Sejarah di Candi Prambanan"

Post a Comment